surat untuk ananda

Posted: Februari 16, 2012 in surat-surat yang tak terkirimkan

Duhai samudraku yang terkasih,

Ibu pesankan padamu, jika nanti kau menjadi seseorang yang mempunyai kekuasaan, maka luaskanlah hatimu melebihi jagat raya. Rendahkan hatimu sedalam palung di lautan. Merunduklah seperti padi.

Nak kekuasaan yang kau miliki baik itu harta maupun kedudukan, semua itu tak ada yang abadi. Titipan nak, titipan. Perlakukan ia sekedarnya saja. Dan perlakukan orang-orang sekitarmu dengan kepedulian. Hormati mereka yang lebih tua darimu, sayangi dan ayomi mereka yang lebih muda darimu.

Kau boleh memperlihatkan kekuasaanmu di depan orang-orang yang mempunyai jabatan, namun tunjukkan kasih sayangmu pada orang-orang yang tak berdaya. Tunjukkan kepedulianmu pada orang-orang yang lemah. Muliakan mereka yang telah menghormatimu.

Dan janganlah engkau memandang apalagi sampai memperlakukan orang lain karena harta, kulit luar ataupun penampilannya saja. Karena nak, yang kau lihat dari luar tersebut hanya topeng. Sampul yang dengan mudah direkayasa.

Sungguh, tak ada yang lebih berharga dibandingkan ilmu, kearifan dan kejujuran. Karena ilmu hati dan pikiranmu tak akan gelap, kearifan dapat melapangkan langkah dan perjuangan, serta kejujuran adalah mata uang yang dapat kau gunakan dimanapun dan kapanpun.

Nak, aku ingin kau membumi. Akarmu mencengkram tanah, Kokoh, tak takluk diterjang badai. Batangmu beranting banyak, tempat burung-burung kecil menumpang hinggap. Buahmu manis, memberi senyum pada sesama. Daunmu rimbun memberi hidup pada sekitar, walaupun gugur namun tetap menjadi humus.

Batam, 2011-2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s